{قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ (16) ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (17)}

Artinya : Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan-Mu yang lurus" (16) Kemudian saya akan mendatangi mereka dari hadapan dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat) (17).

Lihatlah kabar yang Allah sampaikan tentang sumpah iblis yang menjadi tujuan hidupnya. Yaitu menggoda imannya anak adam agar mereka jauh dari ketaatan kepada Allah. Apa yang telah kita persiapkan untuk membentengi diri kita dari serangan iblis? Yang dimana mereka bersumpah akan menggoda kita dari sudut manapun. 

Mereka memiliki bala tentara yang tidak bisa dilihat dengan mata, namun dapat membisikan goda-godaan kedalam hati kita. Mereka berjanji kepada Allah akan mengerahkan segala kemampuan untuk menghalau kita dari jalan Allah. Setebal apa baja yang kita siapkan untuk perisai diri kita. Atau kita malah membuka pintu dan mempersilahkan iblis menguasai diri kita. Bukankah ini lelucon klise ada yang mempersilahkan musuh abadinya untuk menguasai wilayahnya?

Maka jangan pernah lupakan doa dan dzikir agar kita selalu dalam lindungan Allah. Bacalah Mu’awizatain (An-Naas dan Al-Falaq), dan selalu sempatkan waktu untuk membaca dzikir pagi dan petang.


| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 6 Rabi'ul Akhir 1441 H

 

______

.Follow dan support akun kami :

 

? Web | lorongfaradisa.or.id

? Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCodayMWz3OkBrzliF87YoOw.

? Telegram : @lorongfaradisa.

? Instagram : Instagram.com/elfadis__

? Facebook : facebook.com/lorongfaradisa.

___

Share agar lebih bermanfaat