Masjid secara bahasa memiliki arti tempat untuk sujud. Sementara secara istilah syar'i masjid adalah setiap tempat yang dipersiapkan untuk kaum muslimin mengerjakan shalat lima waktu secara berjama'ah. Terkadang juga dibawa ke makna yang lebih luas yaitu setiap tempat yang digunakan manusia untuk shalat sunnah di rumahnya juga disebut dengan masjid. 

Hal tersebut didasari oleh sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallama dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhu :

أُعْطِيتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ قَبْلِي نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيرَةَ شَهْرٍ وَجُعِلَتْ لِي الْأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا فَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلَاةُ فَلْيُصَلِّ وَأُحِلَّتْ لِي الْمَغَانِمُ وَلَمْ تَحِلَّ لِأَحَدٍ قَبْلِي وَأُعْطِيتُ الشَّفَاعَةَ وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثْتُ إِلَى النَّاسِ عَامَّةً

"Aku diberikan lima perkara yang tidak diberikan kepada orang sebelumku; aku ditolong melawan musuhku dengan ketakutan mereka sejauh satu bulan perjalanan, dijadikan bumi untukku sebagai tempat sujud dan suci. Maka dimana saja salah seorang dari umatku mendapati waktu shalat hendaklah ia shalat, dihalalkan untukku harta rampasan perang yang tidak pernah dihalalkan untuk orang sebelumku, aku diberikan (hak) syafa'at, dan para Nabi sebelumku diutus khusus untuk kaumnya sedangkan aku diutus untuk seluruh manusia."

 

(Sumber : Fatwa al Lajnah al Daimah no. 1319 tahun 3/7/1396 H)

 

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 08 Rabi'ul Akhir 1441 H

 

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook : Syafiq Riza Basalamah Official / https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

Instagram : Syafiq Riza Basalamah Official

Twitter : Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

Telegram : Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

Website : http://syafiqrizabasalamah.com/